Rabu, 15 November 2017

Problematika HIV AIDS di Forum Kordinasi Informasi dan Kehumasan Kabupaten Jepara



 Jepara - Rabu tanggal 15 November 2017 pukul 08.30 Wib sd  12.00 wib bertempat di Aula pertemuan Dinas Kesehatan (DKK) kab Jepara telah berlangsung kegiatan FKIK (Forum Kordinasi Informasi dan Kehumasan) dengan tema "Problematika HIV AIDS Kabupaten Jepara" diikuti oleh 60 orang perwakilan Humas instansi pemerintah kabupaten Jepara.

Inti penyampaian Dr. Fakhrudin kepala bidang P2P DKK Jepara yaitu HIV merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh sedangkan AIDS merupakan kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya kekebalan tubuh yang disebabkan HIV. HIV dapat menular melalui cairan sperma, cairan Vagina, cairan darah dan air susu ibu. Cara pencegahan dengan tidak melakukan hubungan seksual yang beresiko, setia pada satu pasangan, penggunaan alat kontrasepsi, menjauhi narkoba dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Jepara menempati posisi kedua se Jateng dalam kasus HIV AIDS. Fenomena baru di Jepara terkait penyebaran HIV AIDS yaitu adanya kelompok masyarakat LSL (laki2 suka laki2) yang sudah terdeteksi sejumlah 2000 org yg ada di seluruh Jepara.  Guna menanggulangi penyebaran HIV AIDS diperlukan adanya Pembentukan warga peduli AIDS guna mengidentifikasi kelompok masyarakat yang beresiko tertular HIV AIDS, pembentukan PAM suakarsa di tiap desa guna memperkecil resiko penularan, membuka hotline HIV AIDS Jepara di 2018 dan peningkatan pemberdayaan masyarakat (Perbup dana desa) untuk promotif dan preventif. 

Kesimpulan dari pembahasan problematika HIV AIDS kabupaten Jepara yaitu Diskriminasi terhadap ODHA (Orang dengan HIV AIDS) lebih banyak dilakukan oleh tenaga medis sehingga perlu adanya pemberian penyuluhan terhadap penanganan kasus HIV AIDS. Screening HIV AIDS pada calon pengantin belum ada payung hukumnya. Pokok kunci penanggulangan HIV AIDS adalah menemukan sebanyak banyaknya pada populasi kunci (WTS, Waria, LSL, IRT dll). Melakukan MOU dengan Kemenag untuk tes HIV AIDS pranikah.(Pendim Jepara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Up